24 Tahun Vakum, PC ISNU Situbondo Akhirnya Punya Nakhoda

isnujatim.org - Advokat muda, Fathol Bari, SH., akhirnya terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Pimpinan Cabang Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama' (PC ISNU) Kabupaten Situbondo, Sabtu, 20/07, di Aula PCNU Situbondo.

Fathol Bari dipilih oleh 17 perwakilan PAC ISNU dan seluruh peserta Konfercab secara bulat dalam sidang pleno pemilihan ketua dan formatur yang dipimpin Sekretaris PW ISNU Jawa Timur, Muhammad Dawud dan Honest Dody Molasy, Ph.D., serta Mohammad Zamroni. Pemilihan secara aklamasi ini sekaligus melanjutkan tradisi musyawarah mufakat yang berlangsung di tubuh Ikatan Sarjana NU Jawa Timur.
Wakil Ketua PC NU Situbondo, KH Syamrowi dalam sambutannya berpesan agar ISNU Situbondo bisa "menyehatkan" NU Situbondo secara keseluruhan. Ia mengaku bahagia dengan berlangsungnya acara Konfercab ini karena PC ISNU Situbondo sudah lama vakum, sejak dibentuk tahun 94 lalu.
"Jadi ini ISNU Situbondo secara de facto memang sudah ada sejak 24 tahun yang lalu. Tapi kemudian tidak ada de jure-nya.  Ini sudah bangun para sarjananya. Sehingga nanti yang mengurusi NU Situbondo bukan hanya para Kyai saja, melainkan juga para sarjana,"
Menurut KH Syamrowi, kehadiran ISNU sangat penting, lebih-lebih untuk mengangkat perekonomian warga NU di Situbondo yang sebagian besar di bawah garis kemiskinan. 
Ia berpesan agar para pengurus ISNU tetap berkomunikasi dengan para ulama' sebagai para pendiri NU.
"Jangan sampai ISNU tercerabut dari akarnya. Jangan sampai para pengurus ini nantinya lepas dari para Kyai,"
Sementara Sekretaris PW ISNU Jawa Timur, Muhammad Dawud berpesan agar PC ISNU Situbondo mampu menjalankan fungsinya dengan mensinergikan seluruh sumberdaya yang ada dan seluruh lingkungan strategis untuk mendukung kesejahteraan umat dan rakyat di daerah. 
Ia berpesan agar ISNU kembali menghidupkan tiga pilar Nahdlatul Ulama', yakni Nahdlatul Wathon atau semangat bela negara, Tasywirul Afkar atau pengayaan intelektualitas, serta Nahdlatut Tujjar atau kebangkitan ekonomi.
"Dengan mengacu pada apa yang sudah dikonsepkan para pendiri NU ini insyaallah ISNU tidak akan kekurangan bidang pengabdian. Lebih-lebih jika bisa berkhidmah dengan Nahdlatut Tujjar, mengangkat perekenomian warga NU," ungkap akademisi IAIN Jember ini.
Fathol Bari siap mengemban amanah tersebut. Menurutnya, apa yang disampaikan para Kyai akan dituangkan dalam program kerja PC ISNU Situbondo. Ia juga berjanji akan merangkul semua pihak untuk membesarkan ISNU dan berkhidmat kepada NU.
Selain memilih dan menetapkan ketua PC ISNU Kabupaten Situbondo, Konfercab tersebut juga memilih formatur yang mewakili masing-masing wilayah di Situbondo.

┬ęCopyright isnujatim 2018