Minat Baca Rendah, PW ISNU Jatim Dorong Kader Produksi Literasi

isnujatim.org - Dari 34 Provinsi di Indonesia, Jawa Timur (Jatim) menempati posisi ke-26 dalam indeks Ranking minat baca Nasional. Hal ini mendorong Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (PW ISNU) Jawa Timur M. Mas’ud Said menggerakkan kader NU khususnya ISNU untuk menulis, meneliti dan memproduksi literasi ilmiah.

Berdasar data Badan Perpustakaan dan Kearsipan Jatim, pada tahun 2016, indeks minat baca di Jatim sebesar 69,75 persen, kemudian 2017 meningkat menjadi 72 persen, dan pada 2018 menjadi 74,25 persen di tahun 2019.

Kondisi tersebut, membuat Mas’ud menjadikan PR bersama. Sebab, literasi dan karya ilmiah lainnya mampu meningkatkan minat baca. Dengan begitu, selain wawasan semakin luas, menunjukan peran ISNU sebagai pelopor peningkatan di dunia pendidikan.

”ISNU menilai betapa pentingnya penulisan karya ilmiah termasuk penerbitan buku. Salah satu ciri- ciri ISNU sejati adalah mereka yg peoduktif dalam literasi dan karya ilmiah,” ujar Mas’ud yang juga Direktur Pasca Sarjana UNISMA Malang ini Kamis, 13 Februari 2020.

Ia menilai, rendahnya minat baca atau literasi, terutama terhadap hal-hal baru menjadi sebuah tantangan. Sementara penguasaan informasi teknologi menjadi kunci menghadapi persaingan ketat di era globalisasi.

“Tantangan itulah yang harus kita hadapi bersama, khususnya kader-kader ISNU. Saya mendorong agar, para kader ISNU tidak hanya meningkatkan minat baca atau literasi. Namun juga penerbitan ilmiah dan karya ilmiah lainnya,” tandasnya.

Saat ini, Mas’ud Said sedang mengumpulkan buku buku dan produk akademik pengurus ISNU Jatim dalam perpustakaan ISNU. Beberapa karyanya diantara lain Debirokratisasi Birokrasi Indonesia (1996), State of The Art Ilmu Politik dan Pemerintahan (1997), Andai Habibie Mau (1999) dan Arah Baru Otonomi Daerah (2007).

Dari hal itu ia menugaskan beberapa orang untuk membuat perpustakaan digital maupun perpustakaan konvensional yang tujuannya menjadikan simbol bahwa ISNU sebagai lambang literasi di NU.