Ketua ISNU Jawa Timur Langganan Kultum di Masjid

Walau mengaku tak memiliki kepakaran bidang agama, Prof. H. M. Mas'ud Said, Ph.D, Ketua ISNU Jatim dikenal memiliki pengetahuan yang luas tentang penjelasan masalah keagamaan dalam perspespektif sosial dan pemerintahan. 

Setiap tahun ramadhan tiba, pakar ilmu pemerintahan yang malang melintang di dunia profesional ini langganan diundang memberi kuliah Subuh dan ceramah ilmiah di masjid-masjid utama, seperti masjid Sabilillah Malang, di masjid Ainul Yaqin Unisma Malang, masjid Agung Jami' Kota Malang dan Masjid Nasional Al Akbar Surabaya dan siaran radio lokal di Malang Raya.

Suaranya tak asing lagi. Tidak terkecuali pada Ramadhan 1443 H ini, Senin tanggal 2 Ramadhan 1442 M. Mas'ud Said terlihat memberi kultum di Batu TV atas nama tim pencerahan Ramadhan Unisma. Pada subuh tanggal 3 Ramadhan memberi kultum di masjid besar percontohan nasional versi Kemenag RI dengan tema Keluarga Sakinah, Hebat Bermartabat.

Dalam ceramahnya Direktur Pascasarjana Unisma menekankan pentingnya keseimbangan dalam keluarga, pentingnya saling pengertian dan memberikan tips 11 jalan agar bisa menjadi keluarga sakinah yang hebat dan bermartabat. 

"Salah satu tips itu iyalah kasih sayang orang tua dalam bentuk doa dan pendidikan karakter, qiyamul lail, bersedekah, bersyukur nikmat dalam segala keadaan dan memperbanyak silaturrahmi" imbuhnya.

Mas'ud Said menjelaskan "rejeki itu bukan dari langit turun gelondongan, atau turun dari atap rumah dibagi bagi, namun rejeki itu dari Allah, minallah, melalui orang lain, melalui kerja keras dari relasi dan dari institusi tempat bekerja dan dari rejeki lain karena kebaikan dan kinerja kita. Disinilah letak pentingnya silaturrahmi, memiliki jejaring dan pengakuan orang lain atas kontribusi dan keahlian atau manfaat bagi organisasi dan keistimewaan kinerja melalui pendalaman keahliah yang ditambah keilmuan dan pengalaman yang memadahi" kata Ketua MUI Jatim ini.