Ketua ISNU Jawa Timur : Saya Ingin Ada Transformasi, Kerja sama Kelembagaan Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (PP ISNU) memberikan apresiasi kepada Pengurus Wilayah (PW) ISNU Jawa Timur sebagai pimpinan wilayah dengan tata kelola yang paling maju. Apresiasi ini diberikan selama pelaksanaan Rapat Pimpinan Nasional Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (Rapimnas ISNU).

Rapat Pimpinan Nasional ISNU berlangsung selama dua hari pada tanggal 4-5 Agustus 2023 di Hotel Swarna Dwipa Palembang dan berjalan dengan lancar. Rapat ini menghasilkan beberapa poin penting terkait organisasi.

Baca pula ISNU Ponorogo Sukses Gelar Konfercab, Agus Setyawan Ketua Terpilih Siap Perkuat Visi Literasi

Acara ini dibuka oleh Ketua Umum PP ISNU, Dr. KH Ali Masykur Musa, dan dihadiri oleh Sekretaris Jenderal PP ISNU, Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru, Ketua PW NU Sumsel, serta sekitar 200 pimpinan wilayah yang terdiri dari Ketua dan Sekretaris PW ISNU se-Indonesia. Turut hadir juga perwakilan dari Banom NU di Sumsel dan beberapa organisasi masyarakat (Ormas).

Dalam sambutannya, DR. KH Ali Masykur Musa menegaskan pentingnya pengkaderan, digitalisasi organisasi, peran sosial politik dan ekonomi ISNU, serta peran dalam memperkuat semangat kebangsaan dan keagamaan.

Pada sesi malam harinya, dilangsungkan rapat pleno. Rapimnas menyetujui rencana pelaksanaan Kongres PP ISNU ke-3, yang dijadwalkan dilaksanakan paling lambat setahun setelah periode kepengurusan berakhir, yaitu setelah Pilpres 2024. Rapimnas juga menyetujui pelaksanaan Ralimnas III sebelum kongres. Banyak pimpinan wilayah di luar pulau Jawa yang menyatakan minat untuk menjadi tuan rumah Rapimnas dan Kongres III.

Pimpinan Pusat ISNU mengusulkan 9 poin program kerja dan rekomendasi, termasuk peran ISNU dalam berkontribusi secara aktif dalam Pilpres 2024.

Pimpinan Wilayah Jawa Timur diwakili oleh Prof. M. Mas’ud Said, Sekretaris PW M. Dawud, dan bendahara PW ISNU Zainul Abidin.

Baca pula Ketua ISNU Jawa Timur : Saya ingin ada Transformasi, Kerja Sama Kelembagaan Pemerintah Pusat, Provinsi & Kabupaten/Kota.

M. Mas’ud Said melaporkan perkembangan PW ISNU Jatim dengan menarik. Laporan tersebut mencakup buku berisi 120 halaman yang merangkum gambaran dan liputan media nasional dan regional tentang kegiatan PW ISNU Jatim dari tahun 2018 hingga 2023. Laporan ini praktis menjadi satu-satunya laporan yang memiliki berkas terstruktur dengan rapi.

Pimpinan Wilayah ISNU Jatim yang juga menjabat sebagai Direktur Pascasarjana Unisma, melaporkan secara langsung melalui situs web resmi ISNU Jatim, www.isnujatim.org. Situs web ini telah dikunjungi oleh lebih dari 230.316 pengunjung, dengan tampilan yang canggih dan terus diperbarui. Situs web ini mendapat pujian dari peserta Rapimnas, termasuk dari PW ISNU Maluku Utara, PW ISNU Kaltim, PW ISNU Sulawesi Tengah, PW ISNU Yogyakarta, PW ISNU Bali, Heru Suroso, dan PW ISNU Papua.

Terkait peran ISNU dalam Pilpres 2024, perbincangan hangat menghasilkan kesepakatan akhir bahwa perlu ada kader NU yang dapat dijadikan calon Wakil Presiden (Wapres), dengan tetap mempertimbangkan dinamika politik dan strategi yang matang.



Tinggalkan Balasan